Rachman ray's Blog

Bisnis menggunakan Fan Page Facebook

Posted in Tips by rachmanrichman on April 16, 2012

Sharing dari kawan namanya Fico Maulana yang sangat ahli di dunia online dan saat ini yang dibahas adalah mengenai keuntungan menggunakan Facebook untuk berbisnis

Selamat menikmati…….
———————————————-

Hai IBF’ers…

Seperti biasa saya tuliskan di IBF,
SEO hanya salah satu cara mendapatkan traffik dan penjualan di internet.
SEO itu wajib, tapi bukan satu satunya cara…
BANYAK metode lain….

Favorit saya dalam 2 tahun terahir adalah Facebook…
dibandingkan twitter, saya lebih menyukai Facebook..
Terutama dalam soal konversi traffik ke penjualan..

PENTING:
Sebagian besar pengguna facebook didepan laptop/computer
Sedangkan pengguna twitter di HP/gadget mobile..
Udah pada tau donk buka homepage twitter di browser itu begitu membosankan..
Makanya muncul banyak aplikasi desktop seperti tweetdeck dan sejenisnya..
Tapi tetap saja twitter diakses lebih banyak dari mobile device…

User twitter dapat notifikasi jika ada reply, mention atau DM
Kalau tidak, yaa harus pantengin timeline..
Kalau kita mau jualan di twitter , agak susah,
karena kita ngga tau follower kita Itu memfollow berapa banyak orang..
Kalau calon konsumen kita follow 1000 orang..
Maka tweet kita sebentar juga tenggelam.. :(

berbeda dengan facebook..
Sebagian besar pengguna FB membuka dari laptop/computer
FB dibuka di browser dengan koneksi internet yang jauh lebih bagus dari mobile device..
User juga bisa melihat foto dengan ukuran jelas dan besar..
ini penting buat kita yang jualan produk…

Viral di FB juga lebih besar, Temennya Temen kita bisa melihat status / Posting FB Fans Page..
Bisa sampe 3 level Viral Reach nya….

Ditambah lagi dengan notifikasi yang selalu menggoda untuk di klik..
Ugh.. Gatal banget kalau liat ada warna merah notifikasi di kiri atas..
Bener ngga?
hehee

Nah selain itu ,, Ada FB Ads… Iklan Facebook…
FB Fans Page itu bisa diiklankan di FB User
Kita bisa memilih target demografi yang benar2 potensial market produk kita
Demografi itu bisa umur, gender, interest, location dsb..
Ini sangat memudahkan kita dalam beriklan dan segera mendapatkan penjualan..

Di twitter tidak ada Iklan.. belum ada hingga saat ini
Kita juga tidak ngetweet sesuai dengan target demografi market potensial kita …
Twitter dan FB itu Berbeda..
Bukan berarti Twitter Jelek buat binis online.. tidakkk…
Twitter juga bisa buat Branding dan Jualan.. dengan cara yang tepat tentunya…

Tapi untuk contoh kali ini, kita akan fokus pada FB Fans Page…

Nah.. sudah cukup basa basinya..
Let’s start for real case…

Saya bawakan contoh kasus nyata murid saya di Komunitas Internet Palembang..
Murid saya sebut saja bernama Jono .. (nama di rahasiakan hihihi)
Jono dan calon istrinya berkeinginan untuk usaha agar bisa mengumpulkan modal nikah…
(sebuah cita cita yang sederhana.. )

Kebetulan Jono gabung dengan komunitas saya di Palembang..
Awal february lalu Jono menceritakan ide nya …
Mau jualan tas tas cewek ..
Barang akan diambil dari Pasar 16 (tanah abangnya palembang)
Kebetulan ada kenalan…

Nah, Jono bingung gimana mau jualannya..
terutama bagaimana caranya agar bisa segera mendapatkan penjualan
dengan memanfaatkan internet..

Setelah berdiskusi, saya sarankan fokus pada FB Fans Page..
Semua kampanye, promosi dan produk barang akan diposting di FB Fans page.
Website dibangun hanya untuk pelengkap saja serta untuk keperluan branding kedepan

Singkat cerita, tgl 28 February FB Fans Page pun dibuat..
ini FB Fans pagenya bisa dilihat ..

http://www.facebook.com/LuckysbagBranded

bisa dicek juga kalau FB Fans page bener2 baru dibuat tgl 28 February..
Cek di timeline.. drag sampe paling bawah..

Posisi Fans Page saat ini: 6000 Fans (like)  lebih
Umur fans page, efektif kisaran sebulan..
Net Profit bulan Maret.. 7.000.000 Rupiah.. !!
Ini net lho yaa …udah bersih..

Mungkin kalau dilihat ngga seberapa untung 7juta..
Jika dibandingkan dengan murid murid Pillar yang omsetnya ratusan juta ..  hihihi..
Apalagi jika dibandingkan dengan peserta kontes Wirausaha Mahasiswa kemaren heheh..
(sujud sembah salut dah !)

Tapi buat usaha yang baru sebulan mulai
TANPA MODAL UANG SEGAR!
Modal cuma FB Fanspage, HP,  koneksi internet, Kreatifitas !
Dalam waktu sebulan bisa netprofit 7 juta..

bagi saya itu sudah luar biasa…Amazing…

Sedangkan Bagi Jono, Usaha sebulan ini sudah membuat ia berani menentukan tanggal pernikahan.. ! hehe..
(:GRIN)

Jadi..

Apa saja yang Jono lakukan untuk mendapatkan hasil tersebut???

Detailnya banyak sekali..  Tapi singkatnya kurang lebih begini

Pertama buat fans page…
Ikuti TOS FB, pasang cover foto yang mencerminkan jualan..
Lalu menginvite semua teman teman ke FB Fans page tersebut
Mulai dari gmail,skype,ym,yahoo,hotmail..semuanya diinvite..

Tiap hari aktif ngewall
Tiap hari foto produk diupload..
Foto produk di foto sedemikian rupa, ngga asal2an..
walau pake pocket camera tetep bisa hasilnya bagus ..
tinggal bagaimana kita mengatur set dekorasi barang dan pencahayaan….
Jono juga lakukan promosi Like dapat diskon
Ajak kawan dapat diskon dan sebagainya…

Setelah ada uang masuk sedikit
di minggu kedua , Jono setting Up FB Ads..
FB Ads di setting ke Fans Page..
Lalu Setting kampanye iklan
demografi User yang akan di Bidik untuk iklan tampil…
Mulai dari gender, usia, lokasi, interest dsb..
Running campaign iklan per hari dengan budget yang terjangkau..

Hasilnya seperti yang sudah saya utarakan diatas…

This is why i Love facebook..
Ngga banyak basa basi.. Ngga pake ribet .. ngga ngabisin waktu..
langsung dapat PRofit….

Oke IBF’ers
Saya harap kisah ini bisa menginspirasi anda
dan memunculkan Jono Jono yang lain dari member IBF…

Kalau mau diskusi monggo dibawah………

SalamSuksesSelalu
Fico Maulana

Temui Jono Jono yang lain di Project Terbaru Saya

http://akademionline.im

Salam sukses dunia akherat,

Taken from http://rawiwahyudiono.com/2012/04/bisnis-menggunakan-fan-page-facebook/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: