Rachman ray's Blog

Catatan Awal Tahun 2013

Posted in catatan ringan Rachman ray by rachmanrichman on January 8, 2013

tahun baru 2013Bisnis

Setelah saya mencoba bergelut dalam dunia bisnis yang telah berjalan kurang lebih satu tahun, banyak hal yang bisa saya pelajari. Saya bergerak dibisnis ritel online. Memang sebelumnya saya cukup pengalaman di bidang ritel karena telah bekerja sebagai karyawan di beberapa perusahaan ritel.

Banyak Persamaan maupun perbedaan antara bisnis ritel offline dengan bisnis ritel online/Internet. Mungkin bisa saya jabar kan pesamaan dan perbedaannya.

  1. Bisnis retail offline kita bisa bertemu dan bertatap muka langsung dengan kastemer, sehingga kita bisa membaca mimik muka dan bahasa tubuh dari si kastemer, pada saat kecewa, senang, dll. Sedangkan bisnis online sebaliknya kita tidak bisa bertemu langsung dengan si kastemer, kita sebagai penjual tidak bisa membaca apakah si kastemer serius ingin membeli atas tidak.
  2. Di bisnis offline kita bisa menunjukkan barang yang kita jual langsung kepada si kastemer sehingga kita bisa langsung menjelaskan kelebihan dan manfaat dari produk tersebut bahkan bisa langsung memperagakannya. Di bisnis online yang bisa kita lakukan hanya dengan memasang foto produk yang kita jual pada website dan menuliskan manfaat dan kegunaannya tanpa bisa memperagakannya.
  3. Di bisnis online kita bisa melakukan semuanya di rumah tanpa harus berangkat pagi-pagi untuk membuka toko.
  4. Sedangkan persamaan bisnis online dan offline yaitu sama-sama ada interaksi walaupun dengan media yang berbeda, sama-sama terjadi proses tawar menawar. Marketing dan promosi sama-sama bisa dilakukan secara online maupun offline. Misalnya promosi via sosial media, poster, brosur, dll.

Banyak hal terjadi di bisnis online yang sedang saya geluti, misalnya pada saat google mengupdate algoritmanya, banyak situs situs yang bergelimpangan menjadi korban, salah satunya situs website saya. Traffic nya yang lumayan tinggi sampai jatuh menurun drastis yang mengakibatkan tingkat penghasilan juga turun.

Setelah menganalisa saya berkesimpulan kalau saya terlalu over optimasi terhadap situs saya yang mengakibatkan si mbah google marah dan menendang beberapa keyword saya yang sudah bertengger di Page 1 sampai hilang entah kemana. Setelah itu saya melakukan strategi lain dengan memaksimalkan sosial media seperti Facebook dan twitter, tetapi pengaruhnya belum signifikan. Pada awal tahun 2013 ini saya mencoba untuk mengganti nama domain situs saya dan mulai dari awal lagi. Mudah-mudahan kesalahan yang sudah lewat bisa diperbaiki dan bisnis saya bisa berkembang. Aamiiin…

Kehidupan Sosial

Bergelut dengan bisnis online memang bisa mereduksi kehidupan sosial. Sehari-hari berkutat dengan laptop, apalagi bisnis yang baru saja dijalankan. Imbasnya pada tahun 2012 lagi-lagi kisah asmara kandas ditengah jalan. Seharusnya memang tidak boleh ada yang dikorbankan apabila kita melakukan sesuatu, seharusnya memang bisa berjalan beriringan tanpa melepaskan hal lain apalagi hal itu adalah yang sangat berharga bagi hidup kita.

Dalam hal usia memang saya terlihat sudah matang tetapi dalam hal mental sepertinya memang saya belum siap untuk menanggung beban tanggung jawab yang pastinya besar dalam membina sebuah keluarga sendiri. Saya ingin kehidupan saya nantinya bisa berjalan lancar tanpa adanya friksi yang besar dalam segi hal apapun juga. Dan saya harap pada tahun ini saya bertemu dengan masa depan saya dan siap mental untuk menuju kesana.

 

 

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. iLLa said, on January 9, 2013 at 23:25

    Catatan yg optimis di awal tahun.. Semoga bisnis dan rencana masa depannya dimudahkan prosesnya.
    Go a head! \m/

  2. rachman ray said, on January 9, 2013 at 23:25

    Aamiiinnn 🙂


Leave a Reply

