Rachman ray's Blog

Banjir… Oh Banjirrrrr

Posted in catatan ringan Rachman ray by rachmanrichman on January 24, 2013

banjir bekasiSudah selama kurang lebih 30 tahun lamanya keluarga kami tinggal di komplek pengairan Bekasi, dan baru kali ini mengalami yang namanya kebanjiran. Rumah yang saat ini hanya ditinggali kedua orang tua saya karena anak-anaknya telah menempati rumah yang terpisah dari orang tua kami, walaupun kami masih tinggal di seputaran Bekasi juga.

Walaupun komplek tempat tinggal rumah orang tua saya berada di samping kali bekasi dan dekat sekali dengan bendungan bekasi yang berjarak hanya beberapa meter saja, tetapi tidak pernah mengalami kebanjiran. Kalaupun pernah mengalaminya air banjir hanya sampai di belakang komplek dan sempat menenggelamkan Mall Mega Bekasi yang juga berada di belakang tetapi tidak sampai menuju ke rumah.

Pada pagi hari Jumat tanggal 18 januari 2013, tiba-tiba ibu menelepon saya kalau didepan rumah sudah  tergenang air dan kemungkinan akan masuk kerumah, kebetulan malamnya hujan sangat deras turun dari langit. Saya pun bersiap langsung meluncur menuju kerumah karena 2 hari sebelumnya rumah kakak saya yang kebetulan masih di komplek yang sama sudah tergenang banjir dan sudah sempat surut, rumah kakak saya berada berjarak hanya kurang lebih 10meter disamping kali bekasi .

Setelah saya sampai di depan komplek perumahan air memang sudah menggenangi jalan kurang lebih setinggi mata kaki dan sesampainya di rumah air sudah memasuki rumah walaupun bapak saya sebelumnya sudah mencoba menghalaunya dengan menutupi sela-sela pintu dengan tanah merah. Saya kemudian mencoba menambah tanah-tanah tersebut dengan tp dengan menggunakan karung karung agar lebih tertutup dan padat.

Tetapi sepertinya upaya kami tidak begitu berhasil karena air malah semakin meninggi menggenangi rumah kami sampai di ke tinggian lutut saya. Kami hanya bisa mencoba menyelamatkan barang-barang berharga seperti alat elektronik untuk ditempatkan di tempat yang lebih tinggi dan menyelamatkan surat-surat penting. Kami hanya bisa pasrah sambil menunggu air segera surut supaya kami bisa segera membersihkan rumah dari sisa-sisa banjir.

Penyebab banjir karena kali Bekasi yang sudah tidak mampu menampung arus air yang di kirim dari sungai cikeas dan sungai Cileungsi dan akhirnya meluap dan membanjiri rumah-rumah yang berada dekat dengan kali. ini juga bisa disebabkan karena pengerjaan Siphon yang belum selesai sehingga aliran air menjadi tidak lancar dan terhambat.

Kejadian ini tidak hanya menimpa rumah orang tua, rumah kakak, tetapi juga rumah adik saya yang berada di perumahan Vila Nusa Indah di daerah Jati Asih bekasi. Malah lebih parah karena ketinggian banjir mencapai 1 meter atau seperut orang dewasa. Kejadian ini merupakan pengalaman bagi kami yang baru pertama kali mengalami yang namanya kebanjiran. Banjir…. oh banjirrrrr

Leave a Reply

